Halaman

6.09.2015

Seduhan Rempah dan Lemon Untuk yang Tidak Enak Badan

Hari ini adalah hari yang sangat sempurna untuk menjadi hari yang baik! Saya pergi ke Malang naik kereta untuk ketemu Nadine. Bosan naik bis, pertama kalinya saya naik kereta eksekutif ke Malang (dan eksekutif untuk kali pertama setelah sekian tahun naik ekonomi)! Saya sudah lama nggak ketemu Nadine, 2 atau 3 tahun sepertinya. Kami pergi makan cwi mie, cap cay, es durian, dan menikmati teh chai di kedai minuman kecil dekat stasiun. Tapi, karena badan saya tidak pernah tahan dengan cuaca dingin, jadinya saya bersin - bersin terus mulai sore. Selalu begini setiap kali ke daerah yang cuacanya dingin atau sejuk. Kampungan sih saya. Mau ke bandungan, batu, malang, sarangan, selalu begini. Untung, malamnya, saya pulang ke Surabaya (besok mengajar lagi pagi-pagi) dan kondisi badan saya mulai membaik begitu memasuki tol Sidoarjo (aneh banget). Tapi, sesampai di rumah, masih bersin-bersin meskipun nggak separah di Malang dan perjalanan pulang dengan bis. Lalu, kepikiran untuk bikin minuman hangat yang semoga bisa membuat lebih baik (well, it works! at least for me).




Bahan:

1 buah sereh (geprek)
7 butir kapulaga (geprek dikit)
10 buah cengkeh atau sejumput cengkeh
1 batang pendek kayu manis
1/2 lemon
1 sdm madu
400ml air
jumlah bersin-bersin tak terhingga dan mulai meler
semangat membuat seduhan sendiri
rasa malas minum obat

Cara membuat:
1. Didihkan 400ml air sampai blukutuk-blukutuk
2. Masukkan sereh
3. Setelah 2 menit, masukkan kayu manis dan kapulaga. Rebus selama 10menit
4. Peras lemon, masukkan sarinya ke cangkir dan campur dengan madu
5. Setelah 10 menit, masukkan seduhan rempah

*untuk disajikan dalam cangkir dengan takaran 250ml



Semoga merasa baikan dari bersin-bersinnya, yah!

*Sesegera mungkin (entah kapan, kan relatif), saya bakal cerita perjalanan saya dengan Nadine beserta foto-fotonya! Tunggu dicuci dulu filmnya dan bertimbunnya ketekunan saya untuk menulis!


Selamat malam ;*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger templates